Penerapan Positive Reinforcement untuk Meningkatkan Atensi Anak yang Mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Main Author: Dwika Putri, Nidya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.untar.ac.id/10295/1/t19.pdf
http://repository.untar.ac.id/10295/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan atensi pada anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) melalui penerapan positive reinforcement dalam kegiatan bermain. Pengambilan data mengenai ADHD diperoleh melalui proses screening seperti observasi terhadap anak, wawancara terhadap orang tua dan guru, serta tes IQ yang dilakukan terhadap anak. Jumlah subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua orang, yang terdiri dari dua anak laki-laki yang dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Didapatkan hasil penerapan positive reinforcement yang dilakukan sebanyak sembilan sesi dengan durasi 30 menit setiap sesinya dan diberikan empat kali dalam seminggu efektif untuk meningkatkan atensi anak usia menengah (middle childhood) yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).