PENGARUH SISTEM REM CAKRAM GANDA HASIL MODIFIKASI DAN VARIASI KECEPATAN TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN PADA SEPEDA MOTOR

Main Author: NUGRAHA, STEVANUS WISNU SETYA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/6066/1/210181111201105361.pdf
http://eprints.uns.ac.id/6066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pengaruh modifikasi sistem rem cakram terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter-Z tahun 2005. 2) Mengetahui pengaruh variasi kecepatan kendaraan terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter-Z tahun 2005. 3) Mengetahui interaksi modifikasi sistem rem cakram dan variasi kecepatan kendaraan terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter-Z tahun 2005. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Jupiter-Z tahun 2005. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan analisis varian (Anava) dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Modifikasi sistem rem cakram ganda berpengaruh signifikan terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter – Z tahun 2005, ini ditunjukkan dengan harga Fobservasi = 185,69 dan Ftabel = 1,98 pada taraf signifikansi 1%, sehingga Fobservasi > Ftabel. 2) Variasi kecepatan kendaraan berpengaruh signifikan terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter – Z tahun 2005, ini ditunjukkan dengan Harga Fobservasi = 8,75 dan Ftabel = 3,65 pada taraf signifikansi 1%, sehingga Fobservasi > Ftabel. 3) Ada interaksi antara variasi sistem rem cakram ganda dan variasi kecepatan kendaraan terhadap tingkat efektifitas pengereman pada sepeda motor Yamaha Jupiter – Z tahun 2005, ini ditunjukkan dengan Harga Fobservasi = 3,62 dan Ftabel = 2,82 pada taraf signifikansi 1%, sehingga Fobservasi > Ftabel.