PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 1 GAGAKSIPAT, NGEMPLAK , BOYOLALI, PADA TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010
Main Author: | , SURIPTO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uns.ac.id/5563/1/131200508201009381.pdf http://eprints.uns.ac.id/5563/ |
Daftar Isi:
- SURIPTO. X 8906533. PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V, SDN 1 GAGAKSIPAT, NGEMPLAK, BOYOLALI PADA TAHUN PELAJARAN 2009 – 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Pendekatan Keterampilan Prosse dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas SDN 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Dan bagaimana penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2009 di SDN 1 Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Tahun Pelajaran 2009-2010. Jumlah semua siswa di SDN 1 Gagaksipat adalah 213 siswa, sedangkan untuk Kelas V terdiri dari : Laki-laki 19 siswa, perempuan 18 siswa. Jumlah siswa kelas V adalah 37 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa : 1) Penerapan pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. 2) Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses yang dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V adalah dengan langkah-langkah : Observasi, Prediksi, Hipotesis, Eksprimen, Perolehan dan Pemrosesan Data dan Komunikasi