PENINGKATAN KETERAMP ILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI GAMBAR DENGAN KARTU KALIMAT PADA SISWA KELAS II SDN 2 KLARI KARANGGEDE BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009/2010 (Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: BASORI, MUH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/5278/1/158522408201012311.pdf
http://eprints.uns.ac.id/5278/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui gambar dengan kartu kalimat pada siswa kelas II SD Negeri 2 Klari Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun 2009/2010. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus. Tiap siklus terdiri atas 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Klari Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali yang berjumlah 17 siswa. Subyek diambil dengan alasan peneliti dalam mengambil subjek secara klasikal. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dengan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif dan analisis interaktif. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Pemberian gambar dengan kartu kalimat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 2 Klari. Pemberian gambar dengan kartu kalimat yang kontinyu dan berkesinambungan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II. Hal ini terbukti pada nilai yang diperoleh siswa pada Siklus I : Nilai Pre Tes rata-rata 35,29. Setelah pemberian gambar dengan kartu kalimat rata-rata Pos Tes 55,88. Siklus II Nilai rata-rata Pre Tes 34,70. Setelah pemberian gambar dengan kartu kalimat rata-rata nilai Pos Tes 47,64. Siklus III nilai rata-rata Pre Tes 50,00. Setelah pemberian gambar dengan kartu kalimat rata-rata nilai Pos Tes 83,52