EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VCD DAN OHP TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI PURWODADI GROBOGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Main Author: Waspodo, Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/5202/1/130900508201004151.pdf
http://eprints.uns.ac.id/5202/
Daftar Isi:
  • Hadi Waspodo, S.810908404. Efektivitas Media Pembelajaran VCD dan OHP Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri Purwodadi Grobogan Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manakah yang lebih baik prestsinya, siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi atau siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada prestasi belajar fisika.2) Manakah yang memberikan prestasi yang lebih baik pembelajaran menggunakan media VCD atau OHP pada prestasi belajar fisika. 3) Pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, manakah yang lebih efektif pembelajaran menggunakan VCD atau OHP pada prestasi belajar fisika. 4) Pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, mana yang lebih efektif pembelajaran menggunakan VCD atau OHP pada prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswa dari SMA Negeri 1Pulo kulon, SMA Negeri 1Grobogan yang masing-masing terdiri dari satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas ekaperimen. Jumlah siswa yang dieksperimen ada 87siswa. Uji coba Instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1Toroh dengan jumlah responden 44. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah data tes awal dan data tes prestasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa :1) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi prestasinya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah pada prestasi belajar fisika. 2) Pembelajaran menggunakan VCD memberikan prestasi lebih baik dari pada pembelajaran menggunakan OHP pada prestasi belajar fisika. 3) Pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, pembelajaran menggunakan VCD lebih efektif dari pada menggunakan OHP. 4) Pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, pembelajaran menggunakan VCD lebih efektif dari pada menggunakan OHP.