HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PENERIMAAN PROGRAM PROVIDER INITIATED TESTING AND COUNSELING (PITC) DI SURAKARTA

Main Author: Dewanti, Maharani Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/5191/1/130860508201004011.pdf
http://eprints.uns.ac.id/5191/
Daftar Isi:
  • MAHARANI INDAH DEWANTI, G0006015, 2010, “Hubungan antara Tingkat Pendidikan Formal terhadap Penerimaan Program Provider Initiated Testing and Counseling (PITC) di Surakarta.” Tujuan: PITC merupakan pendekatan baru dalam survailans HIV dimana provider memberikan rekomendasi untuk menjalani konseling dan tes HIV. Pengambilan keputusan merupakan masalah yang komplek dan sangat krusial dalam bidang kesehatan. Pendidikan merupakan salah satu penentu pengambilan keputusan dalam bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara tingkat pendidikan formal terhadap penerimaan program PITC di Surakarta. Metode: Penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah semua pasien suspek TB dan pasien TB dengan risiko HIV yang memenuhi kriteria inklusi yang datang ke BBKPM Surakarta dari tanggal 1Mei 2009sampai dengan 30November 2009. Teknik sampling yang dipakai adalah total sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 16 for Windows dengan uji statistik Fisher’s Exact Test. Hasil: Dari total 42 sampel terdiri atas 8 orang pendidikan dasar dan 34orang dengan pendidikan menengah. Setelah dianalisis didapatkan nilai probabilitas (sig(2-tailed)) 1,17 (OR= 1,46;CI=0,03- 21,69). Simpulan: Ada hubungan antara tingkat pendidikan formal dengan penerimaan program Provider Initiated Testing And Counseling (PITC) di Surakarta namun secara statistik tidak bermakna. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan sampel yang lebih besar agar presisi OR yang dihasilkan lebih baik.