PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TEHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG SEPEDA MOTOR HONDA

Main Author: Cahyasari, Arum
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/5177/1/135110908201009331.pdf
http://eprints.uns.ac.id/5177/
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia teknologi terus mengalami kemajuan, terutama dalam bidang transportasi. Dengan mempertimbangkan tingkat efektifitas dan efisiensi masyarakat lebih senang menggunakan sepeda motor sebagai alat penunjang mobilitasnya. Secara otomatis hal ini meningkatkan permintaan dan persaingan dengan produsen sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran yaitu produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian ulang baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Obyek dalam penelitian ini adalah masyarakat Laweyan. Penelitian ini sampelnya adalah pemilik sepeda motor Honda di Kecamatan Laweyan. Metode analisis datanya menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis datanya disimpulkan, hasil sebagai berikut : Hasil uji t menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Hasil uji f menunjukkan bahwa produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian ulang adalah variabel produk kemudian diikuti distribusi, promosi dan harga. Hasil koefisien determinasi adalah 71,8%, hal ini berarti keputusan pembelian ulang dipengaruhi oleh faktor-faktor produk, harga, promosi dan distribusi. Sementara sisanya sebesar 28,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.Saran yang diberikan untuk penelitian ini adalah penelitian selanjutnya sebaiknya memperluas responden sehingga daya generalisasi hasil penelitian dapat diperbesar. Penelitian selanjutnya sebaiknya menambahkan variabelvariabel, sebab tidak menutup kemungkinan bahwa dengan penelitian yang mencakup lebih banyak variabel akan dapat menghasilkan kesimpulan yang lebih baik. KATA KUNCI : produk, harga, promosi, distribusi, keputusan pembelian ulang