STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010

Main Author: HUDLORI, MANSHUR AL
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/5135/1/171250912201010431.pdf
http://eprints.uns.ac.id/5135/
Daftar Isi:
  • Manshur Al Hudlori. STUDI TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2010. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) Mata Pelajaran Penjasorkes di SMA Negeri se-Kabupaten Karanganyar tahun 2010. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik survey. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru penjasorkes di SMA Negeri se- Kabupaten Karanganyar sejumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan persentase untuk mengetahui besar jawaban pada setiap butir soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa secara keseluruhan di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Karanganyar tahun 2010 dalam penerapan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan mata pelajaran Penjasorkes sudah cukup baik, Hal ini ditunjukkan dari masing-masing komponen : (1) Komponen Perangkat pembelajaran di SMA Negeri se-Kabupaten Karanganyar tergolong baik dengan persentase 46%. Ini ditunjukkan pada masing-masing indikatornya (a) Indikator berkaitan dengan penyusunan silabus dan RPP dengan persentase 59%, (b) Indikator berkaitan dengan pemahaman dan penyusunan program semester cukup baik dengan persentase 50%, (c) Indikator berkaitan dengan penyusunan dan monitoring pembelajaran tergolong cukup baik dengan persentase 62%. Hasil tersebut sesuai dengan observasi yang dilakukan dalam penelitian ini dimana komponen perangkat pembelajaran sudah berjalan dengan baik. (2) Komponen Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan PAIKEM di SMA Negeri se-Kabupaten Karanganyar tergolong cukup baik dengan persentase 45%. Hal ini ditunjukkan pada masing- masing indikator (a) Indikator berkaitan dengan pemahaman dan penerapan PAIKEM dengan persentase 40%, (b) Indikator berkaitan dengan pembelajaran