PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS I SLB ABCD YPALB CEPOGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Main Author: | Masfufah , Etik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uns.ac.id/5044/1/171060112201011371.pdf http://eprints.uns.ac.id/5044/ |
Daftar Isi:
- Etik Masfufah. ”PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKAT- KAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNA RUNGU WICARA KELAS I SLB ABCD YPALB CEPOGO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2008/2009.” Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Juni 2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media gambar pada siswa tuna rungu wicara kelas I SLB ABCD YPALB Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2008/2009. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I semester II SLB ABCD YPALB Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengamati secara langsung proses dan dampak pembelajaran yang diperlukan untuk menata langkah-langkah perbaikan agar lebih efektif dan efisien dan tes untuk memperoleh data kemampuan membaca melalui kartu bergambar siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, artinya peristiwa/kejadian yang timbul dibandingkan kemudian dideskripsikan ke dalam suatu bentuk data penilaian yang berupa nilai. Dari prosentase dideskripsikan kearah kecenderungan tindakan guru dan reaksi serta hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SLB ABCD YPALB Cepogo Boyolali semester II tahun pelajaran 2008/2009.