PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SD NEGERI 2 SAMBENG JUWANGI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009
Main Author: | WIDATIN, TRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uns.ac.id/5002/1/170930112201011321.pdf http://eprints.uns.ac.id/5002/ |
Daftar Isi:
- Tri Widatin. NIM X7108524. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SD NEGERI 2 SAMBENG JUWANGI BOYOLALI TAHUN AJARAN 2009. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas sebelas Maret Surakarta, November 2009. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa SD Negeri 2 Sambeng tahun 2009 melalui pendekatan kontekstual. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sambeng, Juwangi, Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, kajian dokumen, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui pendekatan kontekstual. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menghitung volume bangun ruang dari sebelum dan sesudah dilaksanakannya tindakan. Siklus I ada peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata 63,70 menjadi 73,02 dan dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 36% menjadi 68%. Siklus II terjadi peningkatan kemampuan menghitung volume bangun ruang dari rata-rata siklus I yaitu 73,02 menjadi 75,00 dan dari pencapaian KKM 68% menjadi 88%. (2) Cara mengatasi kendala yang terjadi dalam penerapan pendekatan kontekstual ini adalah: (a) pembentukan kelompok kerja dilakukan oleh siswa sendiri untuk mengatasi kendala kurang membaurnya siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, (b) penggantian model dengan siswa yang jarang tampil di depan kelas untuk mengatasi kendala kurangnya perhatian siswa terhadap model yang ditampilkan, (c) pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual, (d) penambahan motivasi dari guru untuk mengatasi kendala ketidak beranian siswa untuk bertanya,. Berdasarkan simpulan yang dibuat, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Matematika melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 2 Sambeng tahun 2009.