MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK TUNA GRAHITA KELAS D1 / C SLB / B­C YPAALB LANGENHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009

Main Author: Hartati, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/4691/1/101791109200910441.pdf
http://eprints.uns.ac.id/4691/
Daftar Isi:
  • Sri Hartati, MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK TUNA GRAHITA KELAS D1/C SLB/B – C LANGENHARJO SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi, Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juli 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan media pembelajaran permainan kartu bagi anak tuna grahita kelas D1/C SLB/B – C YPAALB Langenharjo Sukoharjo Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas SDLB / B – C YPAALB Langenharjo sejumlah 11 siswa. Sampel diambil sejumlah 8 siswa. Sumber data berupa informasi kemampuan siswa bidang studi matematika yang diambil nilai ulangan harian siswa dan nilai raport. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus 1 dan nilai tes siklus 2, kemudian hasil pengamatan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian berupa nilai ulangan harian siswa yang semakin baik/ meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : Dengan media permainan kartu maka materi pelajaran matematika akan menjadi lebih menarik bagi anak tuna grahita, karena permainan merupakan sesuatu yang disukai anak – anak. Sehingga dengan melalui permainan kartu anak tuna grahita akan lebih mudah dalam mengingat materi pelajaran matematika,