UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI LATIHAN SENSOMOTORIK PADA ANAK TUNA GRAHITA KELAS DASAR I SLB BINA TARUNA MANISRENGGO KLATEN TAHUN 2008-2009
Main Author: | Haryani, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uns.ac.id/3553/1/173302312201007311.pdf http://eprints.uns.ac.id/3553/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar matematika anak Tuna grahita kelas dasar I SLB BC Bina Taruna Manisrenggo Klaten tahun 2008/2009 melalui latihan sensomotorik. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian sebanyak 3 orang. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Yaitu tes tertulis matematika yang dilaksanakan sebelum dan sesudah diadakan tindakan ( latihan sensomotorik ). Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil prestasi belajar matematika siswa meningkat ( dari rata – rata 4,9 menjadi 7,5 ). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa latihan sensomotorik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak Tuna Grahita kelas Dasar I SLB-BC Bina Taruna Manisrenggo Klaten Tahun 2008/2009.