PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN DENGAN ALAT PERAGA KANTONG NILAI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI II PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2009/2010

Main Author: AMALIA SOLECHAH, FITROH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/3131/1/148791608201012021.pdf
http://eprints.uns.ac.id/3131/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro dan bagaimanakah bentuk permainan dengan alat peraga kantong nilai guna meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai pada siswa kelas I SD Negeri II Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN II Pracimantoro Kabupaten Wonogiri dengan jumlah 28 anak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus ada 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang mencakup tiga kegiatan yaitu, mereduksi data, membuat display data, membuat simpulan atau verifikasi. Bentuk atau cara penggunaan permainan dengan menggunakan alat peraga kantong nilai adalah bila pengerjaan penjumlahan maka kita tinggal memasukkan kedalam kantong sesuai dengan nilai tempatnya dan menjumlahkan suku-sukunya. Sedangkan pada pengerjaan pengurangan kita memasukkan manik-manik terlebih dahulu kedalam kantong nilai dan ambillah sesuai dengan angka pengurangnya. Melalui penerapan permainan dengan alat peraga kantong nilai ini, siswa menjadi lebih aktif, lebih menguasai kemampuan berhitung, siswa dapat memanipulasi benda nyata, dan siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis, peneliti memberi simpulan bahwa melalui permainan dengan alat peraga kantong nilai dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SDN II Pracimantoro. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I nilai rata-rata siswa adalah 62,14 dengan prosentase ketuntasan 67,85%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 63,14 dan prosentase ketuntasan 74,99%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata siswa 69,82 dengan prosentase ketuntasan 85,71%.