Upaya meningkatkan kemampuan afektif siswa Kelas X-9 SMA Negeri 3 surakarta melalui strategi pembelajaran learning start with a questions disertai modul hasil penelitian zygomycota

Main Author: Rangga Firmansyah, Elvin
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/2936/1/173612312201007521.pdf
http://eprints.uns.ac.id/2936/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 melalui penggunaan strategi pembelajaran Learning Start with a Questios (Pembelajaran Dimulai dengan Pertanyaan) disertai modul hasil penelitian pada sub-pokok bahasan Zygomycota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan strategi pembelajaran Learning Start with a Questions disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan Zygomycotina dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa dalam pembelajaran Biologi. Hal ini didasarkan pada hasil angket, observasi dan wawancara. Rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator dari angket kemampuan afektif siswa untuk prasiklus sebanyak 63,27 %, siklus I sebesar 69,53 %, siklus II sebesar 73,75 % (meningkat 4,42 %), rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator dari angket kemampuan afektif siswa untuk siklus III 77,87 % (meningkat 4,12 %). Sedangkan rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi kemampuan afektif siswa untuk prasiklus sebesar 46,50 %, siklus I sebesar 67,64 %, siklus II 72,24 % (meningkat 4,6 %), rata-rata nilai persentase capaian setiap indikator yang didapatkan dari hasil observasi kemampuan afektif siswa untuk siklus III sebesar 78,49 % (meningkat 6,25 %) . Hasil wawancara menunjukkan 94,12 % siswa tertarik menggunakan strategi pembelajaran Learning Start with a Questions, 97,05 % siswa menyatakan bahwa mereka mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk bertanya berkaitan dengan materi pembelajaran, siswa dapat lebih leluasa menyampaikan pendapatnya (88,23%), berani menanggapi pendapat temannya (82,35%), serta dapat bekerjasama dengan siswa lain untuk menyelesaikan permasalah berkaitan dengan materi pembelajaran (85,29 %). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Learning Start with a Questions disertai modul hasil penelitian pada pokok bahasan Zygomycotina dapat meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas X-9 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2010/ 2011 pada pembelajaran Biologi.