Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Lempar Lembing dengan Pendekatan Konvensional dan Modifikasi Sarana terhadap Kemampuan Lempar Lembing Gaya Hop Step Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010

Main Author: Wijanarko, Bambang
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/1999/1/1566%2D3482%2D1%2DSM.pdf
http://eprints.uns.ac.id/1999/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Pengaruh pembelajaran lempar lembing dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. (2) Pengaruh pembelajaran lempar lembing dengan pendekatan modifikasi sarana terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP N 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. (3) Perbedaan pengaruh pembelajaran lempar lembing dengan pendekatan konvensional dan modifikasi sarana terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan populasi siswa siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010 berjumlah 120 orang terbagi dalam enam kelas. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Sampel diambil 40% dari masing-masing kelas, sehingga besarnya sampel yang digunakan adalah 48 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan pengukuran kemampuan lempar lembing gaya hop step. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan lembing gaya hop step dengan pendekatan konvensional terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step padasiswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010, (thit 17.883 > ttabel5% 2.069). (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan lembing gaya hop step dengan pendekatan modifikasi sarana terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010, (thit 17.966 > ttabel5% 2.069). (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran lempar lembing gaya hop step pendekatan konvensional dan modifikasi sarana terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010, (thit 3.749 > ttabel5% 2.069). Latihan lempar lempar lembing dengan pendekatan konvensional memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan lempar lembing gaya hop step pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun pelajaran 2009/2010, (K1 12.67% > K2 8.72%.