PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENERAPAN METODE MENULIS BERANTAI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Authors: Wulandari, Tri , Fuady , Amir, Sumarwati,
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.uns.ac.id/1291/1/2090%2D4713%2D1%2DSM.pdf
http://eprints.uns.ac.id/1291/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan penulisan puisi siswa SMA melalui metode menulis berantai. Tindakan penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Sumber data yang digunakan berupa peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode menulis berantai meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis puisi. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran berikut: (1) kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, yang terdiri dari 4-5 siswa; (2) masing-masing kelompok menentukan tema yang akan ditulis menjadi sebuah puisi; (3) setiap siswa diminta meneruskan atau menyambung puisi tersebut dengan cara menuliskan dibaris kedua. Setiap akhir baris siswa menuliskan namanya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pemilik baris yang tidak koheren atau tidak sesuai dengan baris puisi yang sebelumnya; (5) hasil puisi disunting dengan kelompoknya, kemudian menandai kalimat-kalimat yang sumbang atau tidak sesuai dengan kalimat sebelumnya; (6) masing-masing kelompok membacakan hasil puisinya; dan (7) kelompok lain memberi tanggapan dari puisi yang sudah dibacakan. Kata kunci: menulis puisi, metode menulis barantai, motivasi menulis