Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswadengan Metode PembelajaranKooperatifTipe Jigsaw pada Materi Respirasi Manusia Kelas XI IPA 5 MAN 3 KEDIRI

Main Author: Hidayati, Endah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2017
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/928
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/928/621
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuanmendeskripsikan proses dan hasil belajar biologi melalui Jigsaw, sebagai upaya meningkatkanproses dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 MAN 3 Kediri pada Materi RespirasiManusia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017,dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran biologidalam pendekatan kooperatif melalui model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prosesdan hasil belajar. Pada Pra Siklus siswa diberikan soal kuis didapatkan nilai masih dibawahKKM. KKM ditetapkan 78. Pada siklus I, 26% peserta didik mendapatkan nilai proses di bawahSKBM yang ditetapkan. Nilai hasil belajar terendah pada siklus I adalah 74, nilai tertinggi 88.Pada siklus II, 100% peserta didik mendapatkan nilai proses yang sesuai KKM, dan dari nilaihasil belajar (produk) 100% peserta didik tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II nilaiterendah 82 dan nilai tertinggi 95. Kata Kunci - hasil belajar, kooperatif, tipe Jigsaw.