Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Using Sebagai Warisan Budaya Lokal Banyuwangi di SDN 1 Sumberbaru

Main Authors: Saidah, Karimatus, Trianingsih, Rima
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2020
Subjects:
Online Access: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14006
https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14006/1462
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Using yang dilksanakan di SDN 1 Sumberbaru (2) Menjabarkan kurikulum pembelajaran Bahasa Using di tingkat sekolah dasar (3) Mengetahui bagaimana pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Using yang dilaksanakan khususnya di kelas V. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian etnografi tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kegiatan siswa, wawancara dan dokumentasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Using. Teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, revisi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDNI Sumberbaru dilaksanakan setiap dua minggu sekali berselang seling dengan pembelajaran Bahasa jawa. Guru menggunakan metode ceramah dan penugasan. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan buku Panduan yang telah disediakan oleh sekolah. Dalam satu semester siswa harus menguasai tiga kompetensi pada aspek pengetahuan dan tiga kompetensi pada aspek keterampilan. Materi pembelajaran Bahasa Using tesebut meliputi bacaan, sastra dan tata Bahasa yang mengangkat berbagai budaya Using seperti kesenian, makanan khas, puisi dan sebagainya. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa dapat berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Using namun kurang memahami bacaan maupun sastra dalam pembelajaran Bahasa Using. Hasil dokumentasi nilai ujian tengah semester menunjukkan rata-rata nilai siswa yaitu 39 sedangkan kriteria ketuntasan minimalnya adalah 75. Faktor penyebabnya adalah ada bebebrapa guru (khususnya kelas V) yang bukan orang asli Using sehingga masih mempelajari dan mengembangkan metode pembelajaran yang tepat serta struktur Bahasa Using yang ditampilkan dalam pembelajaran masih di rasa asing bagi siswa.
  • This study is aim to (1) know how learning of Using is performed in SDN 1 Sumberbaru.(2)explored the curriculum of Using learning in the elementary school. (3) To know  student Understanding of Using learning especially is done in fifth grade. The research methodology used is a qualitative approach to the design of ethnographic type Metode (±10-20%) of case study. The data collection techniques used are observation, interviews and documenting results of learning Using. The data analysis techniques used are through data collection, data reduction, data revisions and deductions. The result of this studies showed that Using learning is done in SDN 1 Sumberbaru in two weeks interlude with Javanese learning. Teacher have used methods of talks and assignments. Learning are done using a guidebook provide by the school institutions. The Using subject material includes reading, literature and grammar that promote Using culture like arts, signature dish,poem, etc. Interview resulr indicate that students can communicate actively in Using. But they don’t know much about literature and grammar. The result of documentation on midterm scores showed average score is 39 with the minimal 75 performance criteria. The reason of this case is teache are not Using so they still learning and developing the right method to teach Using. Another reason Using grammar and literature to be thaught is still a foreign to students.