Pengaruh Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama Terhadap Pengembangan Karakter Mandiri Siswa

Main Authors: Utami, Intan Rahma, Triwoelandari, Retno, Nawawi, Muhammad Kholil
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2019
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13036
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13036/1232
Daftar Isi:
  • Pendidikan dalam Islam mengajarkan untuk mendidik anak secara mandiri, karena pada akhirnya nanti masing-masing individulah yang dimintai pertanggung jawaban atas apa yang diperbuatnya di dunia. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran di kelas hanya sebatas penyampaian materi tanpa mengintegrasikan nilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama dalam mengembangkan karakter mandiri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa kelas 5 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi serta analisis data menggunakan software SPSS 20 for window. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perbedaan pretest dan posttest sebesar 7,2069 pada kelas eksperimen dan 3,5455 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama berpengaruh dalam pengembangan karakter mandiri.
  • Education in Islam teaches to educate children independently, because in the end each individual will be held accountable for what he has done in the world. Based on observations, classroom learning activities are limited to the delivery of material without integrating Islamic values. The purpose of this study was to determine the effect of integrated science learning modules on religious values in developing students independent character. The study used the quasi-experimental design of the pretest-posttest control group design. The sample used in this study was 64 students in 5 grade. Data collection techniques are using the observation and data analysis using SPSS 20 for window software. The results showed that the average difference in pretest and posttest was 7.2069 in the experimental class and 3.5455 in the control class. This shows that the integrated science learning module of religious values influences the development of independent character.