Problematika Guru dalam Implementasi Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo
Main Author: | Ma’ruf, Ma’ruf |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2019
|
Online Access: |
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12886 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12886/1235 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo tentang penilaian autentik; (2) problem yang dialami guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengimplementasikan penilaian autentik; (3) upaya yang dilakukan guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) guru telah menguasai konsep penilaian dan konsep penilaian autentik, (2) Problematika yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian autentik yaitu banyak aspek yang dinilai dan teknik yang digunakan, ketersediaan waktu, karakteristik siswa, jumlah siswa, dan individu guru, (3) Guru melakukan beberapa upaya untuk mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik, diantaranya berdiskusi dengan teman sejawat dan menambah referensi tentang penilaian autentik.
- The purpose of this study is to describe: (1) the understanding of the AL-Muslim elementary school teacher Waru Sidoarjo about authentic assessment; (2) the problems experienced by AL-Muslim elementary school teacher Waru Sidoarjo in implementing authentic assessments; (3) efforts made by AL-Muslim elementary school teacher Waru Sidoarjo in overcoming the problems faced in implementing authentic assessments. This study uses a qualitative approach type of case study. Data collection techniques using observation, interview, and documentation techniques. The results of the study show that; (1) the teacher has mastered the concept of assessment and the concept of authentic assessment, (2) the problems faced by the teacher in the implementation of authentic assessments are many aspects assessed and techniques used, time availability, student characteristics, number of students, and individual teachers, (3) The teacher makes several efforts to overcome the problems faced in implementing authentic assessments, including discussing with colleagues and adding references to authentic assessment.