Kemampuan Awal Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas IV SDN Kutorejo I Tuban Materi Sandhangan

Main Author: Wiratsiwi, Wendri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2018
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12204
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12204/933
Daftar Isi:
  •   Telah dilakukan penelitian awal yang bertujuan mengetahui kemampuan awal membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban pada materi sandhangan yang terdiri dari tiga indikator yaitu ketepatan menyuarakan tulisan, pelafalan, dan kelancaran. Penelitian awal ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) untuk pembelajaran membaca aksara Jawa materi sandhangan. Tes kemampuan awal membaca aksara Jawa berupa tes lisan yang disusun berjumlah 10 kata aksara Jawa yang sudah diimbuhi sandhangan swara, sandhangan wyanjana, dan sandhangan penyigeg-wanda. Kemampuan awal membaca aksara Jawa yang dianalisis merupakan kemampuan membaca aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kutorejo I Tuban TP. 2017/2018 sebelum diterapkan suatu pengembangan multimedia interaktif Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) yang diduga dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan awal membaca aksara siswa kelas IV SDN Kutorejo I yang mendapat nilai memenuhi KKM atau ≥ 70 adalah sebesar 27,02% ( 10 siswa) dengan nilai tertinggi 82 dan 72,98% (27 siswa) siswa lainnya mendapat nilai di bawah 70 dengan nilai terendah 25.
  •   A preliminary research was conducted which was aimed to  determine the ability of early reading of Javanese literacy students class IV SDN Kutorejo I Tuban on sandhangan material consisting of three indicators namely the accuracy of voicing writing, pronunciation, and fluency. This preliminary research is part of the interactive multimedia development research of Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) for learning reading Javanese script of sandhangan material. The first literacy test of Javanese literacy test consists of 10 words of Javanese script that has been added with sandhangan swara, sandhangan wyanjana, and sandhangan penyigeg-wanda. Early reading ability of Javanese script analyzed is reading skill of Javanese learner of class IV student of SDN Kutorejo I Tuban academic year 2017/2018 before implemented an interactive multimedia development Arawa (Aplikasi Aksara Jawa) that allegedly can improve the reading ability of Javanese learner. The result of the analysis showed that the early reading ability of students in grade IV of SDN Kutorejo I which got the score of KKM or ≥ 70 was 27.02% (10 students) with the highest score 82 and 72,98% (27 students) below 70 with the lowest score of 25