Pengembangan “Putik Berisi” (Petunjuk Praktikum Berbasis Literasi Sains) untuk Peserta Didik Kelas V di SDN Sidorejo I Tuban
Main Authors: | Cacik, Sri, Winata, Anggun, Widiyanti, Ifa Seftia Rakhma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2018
|
Online Access: |
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12202 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/12202/931 |
Daftar Isi:
- Literasi sains dijadikan salah satu tolak ukur untuk mengetahui kualitas pendidikan dan sumber daya manusia suatu negara. Kemampuan literasi sains Indonesia tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia lainnya. Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban dan menunjukkan kemampuan literasi sains rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Putik Berisi dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahap. Namun, dalam jurnal ini difokuskan pada tahap ke 6 yaitu uji coba terbatas dengan 10 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian khususnya pada uji coba terbatas dan analisis data dapat disimpulkan bahwa, PUTIK BERISI yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban. Berdasarkan data, Enam dari tujuh indikator kemampuan literasi sains yang diteliti mengalami peningkatan, sedangkan satu indikator kemampuan literasi sains tidak mengalami peningkatan maupun penurunan. Peningkatan terbesar terdapat pada indikator ke tujuh, yaitu dari 10% meningkat menjadi 100%. Respon peserta didik memberikan hasil yang positif terhadap pengembangan PUTIK BERISI yang ditunjukkan dari hasil respon lebih dari 80% untuk masing-masing indikator.
- Science Literacy is one of the basis to know quality of education and human resource of a country. Indonesian science literacy is relatively low compared to other Asian countries. A preliminary research has been done to 5th grade students at SDN Sidorejo I Tuban that shows low the science literacy ability. It was aimed to develop Putik Berisi and improve the the science literacy ability. This research is a development research with 7 stages. However, in this journal focused on 6th stage that is a limited trial with in 10 students. It was used the science literacy achievement test sheet and students' response questionnaires instruments. The result of the research shows that PUTIK BERISI has been developed to improved the science literacy ability of 5th grade students at SDN Sidorejo I Tuban. Based on the data, Six of the seven indicators of the science literacy ability under study have increased, while the others is steady. The 7th indicator shown the greatest increased from 10% to 100%. While The response of the students gave a positive result on the development of PUTIK BERISI which was shown from precentage more than 80% for each indicator.