PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN MANGKUJAYAN I KABUPATEN PONOROGO

Main Author: Kusumawati, Naniek
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2018
Online Access: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11789
http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/11789/717
Daftar Isi:
  • The result of observation in state elementary school Mangkujayan I at learning process on 5th grade which is still conventional so student’s mindset’s development and  creativity is less. There are some teachers especially 5th grade’s teachers which only tell the learning material to the students and the students only listen, make a note and memorize the material. This study aims to improve student learning outcomes, especially on science subjects class V using SAVI learning model. This research uses classroom action research or CAR. This research procedure uses four steps of cycle such as planning, implementating, observing and reflecting step. Data collection technique is cognitive test and data collection instrument is test and observation instrument. Analysis of the data obtained shows that there is an increase in student learning outcomes that can be seen from the average percentage of the results in the first cycle is 65% which means there are 13 of 20 students who complete. There is 90% increasing on second cycle which means 18 of 20 students who can be succes on learning. Based on the research result, it can be concluded that the implementation of SAVI learning model can increase the study performance of students on natural studies of 5th grade of  SDN Mangkujayan I. Keywords: SAVI learning models, study performance IPA.
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Mangkujayan I, diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas V masih bersifat konvensional, sehingga kurang mengembangkan pola pikir dan kreatifitas siswa. Terdapat beberapa guru khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V dalam mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan siswa hanya mendengarkan, mencatat serta menghafalkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA kelas V dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berupa siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan  refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen soal dan lembar observasi. Analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata pada siklus I yaitu 65% yang artinya ada 13 dari 20 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan pada siklus yang ke II yaitu 90% yang artinya ada 18 dari 20 siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Mangkujayan I