PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITERAKAN KEMBALI ISI BACAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAWSISWA KELAS V SDN 01 MANGUHARJO, KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUNTAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | Santoso, Agus Budi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Madiun
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/2099 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/2099/1505 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi bacaan melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa kelas V SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu (1). tahap penyusunan rencana tindakan; (2). tahap pelaksanaan tindakan; (3). tahap pengamatan atau observasi; dan (4). tahap refleksi.Hasil pengamatan terhadap situasi pembelajaran bahasa Indonesia secara berkelompok ini dapat dilihat dari (1) tingkat perhatian siswa pada siklus I sebanyak 60%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 66,6%; (2) tingkat keaktifan bertanya yang pada siklus I diperoleh hasil 39%, sedangkan pada siklus ke II naik menjadi 60%; (3) keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat pada siklus I adalah 51%, sedangkan pada siklus dua naik menjadi 73,3%; (4) tingkat kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran secara kelompok diperoleh hasil pada siklus I adalah 73%, sedangkan pada siklus ke II menjadi 86,6%.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menceritakann kembali isi bacaan pada siswa kelas V SDN 01 Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/ 2015.