PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 02 MADIUN LOR KECAMATAN MANGUHARJO KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Authors: | Wardani, Lina, Suharto, Teguh, Soleh, Dwi Rohman |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Madiun
, 2017
|
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/1157 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/1157/971 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran membaca permulaan dan mendeskripsikan faktor yang menjadi kesulitan dalam proses pembelajaran membaca permulaan serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan dalam proses pembelajaran permulaan pada siswa kelas I di SDN 02 Madiun Lor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang digunakan adalah narasumber atau informan, tempat penelitian, peristiwa atau aktivitas, dokumen atau arsip. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara, guna memperoleh informasi secara mendalam dan relevan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran membaca permulaan, kemampuan kognitif anak tidak sama. Anak yang mempunyai kemampuan kognitif kuat ia akan dengan mudah membaca sebuah kalimat maupun membaca gambar dalam cerita. Tetapi sebaliknya anak yang mempunyai kemampuan kognitif kurang, dalam berpikir pun akan sangat lambat meskipun sebenarnya anak tersebut sudah dapat membaca walaupun lambat. Dalam hal ini hendaknya guru memperhatikan tujuan yang hendak dicapai dalam membaca permulaan bagi peserta didik. Metode dan media pembelajaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan guru dalam melaksankan pembelajaran membaca permulaan.Dengan demikian maka disimpulkan bahwa membaca permulaan merupakansuatuprosesketerampilandan kognitif. Untuk meningkatkan kemampuan membacapermulaan siswadiperlukanpengetahuantentang faktor-faktor yangmempengaruhi kemampuan membaca. Faktortersebutdapatberasal darisiswa maupun faktorluaryang ikut berpengaruh dalammeningkatkan kemampuan membacapermulaan siswa.Kata Kunci:Pembelajaran, Membaca Permulaan