Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD
Main Authors: | Anifah, Ratna Dwi, Wahyudi, Wahyudi |
---|---|
Other Authors: | Wahyudi, Universitas Kristen Satya Wacana, Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Madiun
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/6089 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/6089/2600 http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/downloadSuppFile/6089/789 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL (Problem Based Learning) dan Problem Posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 01 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan model Problem Posing dan kelas kontrol diberikan treatment dengan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,840 > 1,998 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukkan model Problem Posing lebih efektif dibanding model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah.