Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD

Main Authors: Susilowati, Rika Dwi, wahyudi, wahyudi
Other Authors: Wahyudi, Universitas Kristen Satya Wacana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Madiun , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/6084
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/6084/2599
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/downloadSuppFile/6084/788
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan efektivitas model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi sekolah dasar di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur. Teknik pengambilan sampel dengan probabily sampling jenis cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Beji 02 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Beji 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi dan soal tes uraian. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas Saphiro-Wilk dan uji homogenitas untuk mengetahui perbedaan digunakan statistik parametrik uji T-Test (Independent Samples T-test) dan uji efektivitas dengan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada uji t-test sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Tingkat keefektifan dihitung dengan analisis N-Gain pada model Problem Based Learning sebesar 48,9681% termasuk kategori kurang efektif, sedangkan pada model pembelajaran Inquiry sebesar 38,9476% termasuk kategori tidak efektif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dalam penerapan model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Dengan tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari model pembelajaran Inquiry.