Efektivitas Penerapan Model Probing-Prompting Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Main Author: Layn, Muhamad Ruslan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS PGRI MADIUN , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/2013
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/2013/1477
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model probing-prompting ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Sorong tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah one shot case study. Instrumen penelitian ini adalah tes uraian berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan baik kurang dari 65%. Dengan demikian, model probing-prompting tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa.