Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika

Main Authors: Rismaratri, Dwi, Nuryadi, Nuryadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS PGRI MADIUN , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/2012
http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/2012/1476
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan motivasi belajar matematika Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII C. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model pembelajaran quantum dengan pendekatan RME dan model konvensional peneliti menggunakan uji manova dan untuk uji lanjut dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat variabel yang lebih berpengaruh terhadap perbedaan tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran quantum dengan pendekatan RME lebih berpengaru baik terhadap kemampuan berfikir kreatif maupun motivasi belajar matematika siswa.