Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Dayak Desa Melalui Media Flashcard Pada Anak Usia Dini

Main Author: Fransiska, Fransiska; STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Hamzanwadi , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1045
http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1045/664
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa melalui media flashcard pada siswa kelompok B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Bentuk penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua sikus. Penelitian dilaksanakan pada 17 siswa kelompok B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa pada siklus I sebesar 65,43%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa dengan menggunakan media flashcard belum meningkat secara optimal. Sedangkan pada siklus II anak mengalami peningkatan yang signifikan dengan hasil sebesar 84,18%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi sebesar 18,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Dayak Desa pada siswa kelompk B (5-6 tahun) di TK Buah Rindang Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang