IBM PADA GURU-GURU DI SD KATOLIK ST. IGNATIUS PANGOLOMBIAN

Main Author: Pangalila, Theodorus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM UNIMA , 2019
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/886
http://ejournal.unima.ac.id/index.php/abdimas/article/view/886/805
Daftar Isi:
  • Secara konseptual, guru merupakan sosok yang memiliki andil terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya ke sekolah, pada saat itu juga mereka menaruh harapan terhadap guru, agar anaknya dapat berkembang secara optimal. Namun kenyataan yang terjadi di SD Katolik Pangolombian, sebagian besar guru-guru belum mengembangkan secara mantap kompetensi pedagogiknya dan termasuk di dalamnya kurang menguasai model-model pembelajaran PAIKEM. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SD Katolik Pangolombian. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode pendekatan yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan memfasilitasi seluruh kegiatan termasuk praktek mengajar dengan model-model PAIKEM. Rencana kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan (2 hari pelaksanaan kegiatan) dengan tahapan sebagai berikut: Persiapan, Pelaksanaan, Pemantapan Program Kerja dan Evaluasi. Hasil yang dicapai melalui kegaitan IbM pada guru-guru di SD Katolik St. Ignatius Pangolombian bisa disimpulkan sebagai berikut: (1). Ada antusias yang tinggi dari para guru untuk mengembakan kemampuannya dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. (2). Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menarik (PAIKEM).