MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X SMK WISNUWARDHANA MALANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)
Main Author: | B, Abdul Hamid |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Likhitaprajna
, 2018
|
Online Access: |
http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/87 http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/87/82 |
Daftar Isi:
- Artikel penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas belajar dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Wisnuwardhana Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah Siswa kelas X SMK Wisnuwardhana tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 36 orang. Instrument yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I dan SIklus II kualitas pembelajaran memcapai prosentasi 100%, terjadi pada semua kelompok belajar dari semua segi elemen pembelajaran kooperatif dengan kategori sangat baik. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil bahwa sebanyak 22 atau 63 % siswa dinyatakan tuntas dan 37% dari 14 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus ini, dapat menjelaskan bahwa hasil belajar sisiwa belum tuntas karena lebih > 80%,. Sedangkan pada Siklus II adalah terjadi peningkatan capaian prestas belajar siswa. Hasil belajar dari Siklus I ke Siuklus II mengalami kenaikan 16 %, yaitu dari 70% menjadi 86 %.Kata Kunci: prestasi belajar, kooperatif, STAD