Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Investasi dengan Menggunakan UX Curve (Studi pada Bibit dan Ajaib)

Main Authors: Yosefanita, Griscipta, Hanggara, Buce Trias, Rokhmawati, Retno Indah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya , 2022
Online Access: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749/pdf
ctrlnum article-6749
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id">Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Investasi dengan Menggunakan UX Curve (Studi pada Bibit dan Ajaib)</title><creator lang="id">Yosefanita, Griscipta</creator><creator lang="id">Hanggara, Buce Trias</creator><creator lang="id">Rokhmawati, Retno Indah</creator><description lang="id">Aplikasi investasi merupakan salah satu jenis pengembangan platform digital yang dipicu oleh teknologi. Bibit dan Ajaib adalah dua platform yang mendominasi industri aplikasi investasi reksa dana di Indonesia. Dalam persaingan platform digital, penting untuk memahami performa aplikasi, salah satunya dari pengalaman pengguna. Penelitian ini membandingkan perubahan pengalaman pengguna pada aplikasi Bibit dan Ajaib. Metode UX Curve yang digunakan pada penelitian ini adalah metode yang sering dipakai untuk mendapatkan pengalaman pengguna jangka panjang. Responden dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh orang pada kelompok Bibit dan sepuluh orang pada kelompok Ajaib. Setiap responden yang terlibat diberikan template UX Curve dengan lima perspektif: general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage. Penelitian ini telah menghasilkan 50 kurva dan 186 alasan dari kelompok Bibit, sedangkan dari kelompok Ajaib menghasilkan 50 kurva dan 191 alasan. Hasil analisis perbandingan dari kedua aplikasi investasi berdasarkan arah kecenderungan kurva dan alasan responden membuktikan bahwa Ajaib memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan Bibit. Berdasarkan kurva general UX di awal penggunaan Ajaib memiliki persepsi yang cukup positif dari pada Bibit. Kemudian seiring berjalannya waktu Ajaib digambarkan terus mengalami peningkatan sedangkan Bibit cenderung stabil. Arah kurva improving yang paling banyak pada Bibit adalah attractiveness, sedangkan Ajaib adalah general UX dan ease of use. Adanya pergerakan arah kurva tersebut, didukung oleh alasan yang berasal dari pengalaman positif dan negatif responden. Alasan yang paling banyak disampaikan oleh responden untuk kedua aplikasi investasi tersebut adalah alasan yang terdapat pada aspek utility dari kategori pragmatis.AbstractInvestment applications are one type of digital platform development triggered by technology. Bibit and Ajaib are the two platforms that dominate the mutual fund investing application industry in Indonesia. In a competitive digital platform, it is important to understand the application's performance, one of which is the user experience. This research compares changes in user experience on the Bibit and Ajaib apps. The UX Curve method applied in this research is a popular method for getting a long-term user experience. Respondents in this research included ten people in the Bibit group and ten people in the Ajaib group. Each respondent involved was given a UX Curve template with five perspectives: general UX, attractiveness, ease of use, utility, and degree of usage. This research has produced 50 curves and 186 reasons from the Bibit group, while the Ajaib group produced 50 curves and 191 reasons. The results of the comparative analysis of the two investment applications based on the direction of the trend curve and the respondents' reasons prove that Ajaib provides a better user experience than Bibit. Based on the general UX curve at the beginning of use, Ajaib has a fairly positive perception of Bibit. Then, over time, Ajaib is described as continuing to increase while Bibit tends to be stable. The direction of the improving curve in Bibit is attractiveness, while Ajaib is general UX and ease of use. There is a movement in the curve's direction, which is supported by reasons derived from respondents' positive and negative experiences. The reasons that most respondents conveyed for the two investment applications were the reasons contained in the utility aspect of the pragmatic category.</description><publisher lang="en">Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya</publisher><date>2022-12-29</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749</identifier><identifier>10.25126/jtiik.2022976749</identifier><source lang="id">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 9 No 7: Spesial Issue Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2022; 1589-1596</source><source lang="en">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 9 No 7: Spesial Issue Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2022; 1589-1596</source><source>2528-6579</source><source>2355-7699</source><source>10.25126/jtiik.202297</source><language>ind</language><relation>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749/pdf</relation><rights lang="en">Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer</rights><recordID>article-6749</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Yosefanita, Griscipta
Hanggara, Buce Trias
Rokhmawati, Retno Indah
title Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Investasi dengan Menggunakan UX Curve (Studi pada Bibit dan Ajaib)
publisher Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
publishDate 2022
isbn 9782022976747
url http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749/pdf
contents Aplikasi investasi merupakan salah satu jenis pengembangan platform digital yang dipicu oleh teknologi. Bibit dan Ajaib adalah dua platform yang mendominasi industri aplikasi investasi reksa dana di Indonesia. Dalam persaingan platform digital, penting untuk memahami performa aplikasi, salah satunya dari pengalaman pengguna. Penelitian ini membandingkan perubahan pengalaman pengguna pada aplikasi Bibit dan Ajaib. Metode UX Curve yang digunakan pada penelitian ini adalah metode yang sering dipakai untuk mendapatkan pengalaman pengguna jangka panjang. Responden dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh orang pada kelompok Bibit dan sepuluh orang pada kelompok Ajaib. Setiap responden yang terlibat diberikan template UX Curve dengan lima perspektif: general UX, attractiveness, ease of use, utility, dan degree of usage. Penelitian ini telah menghasilkan 50 kurva dan 186 alasan dari kelompok Bibit, sedangkan dari kelompok Ajaib menghasilkan 50 kurva dan 191 alasan. Hasil analisis perbandingan dari kedua aplikasi investasi berdasarkan arah kecenderungan kurva dan alasan responden membuktikan bahwa Ajaib memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dibandingkan Bibit. Berdasarkan kurva general UX di awal penggunaan Ajaib memiliki persepsi yang cukup positif dari pada Bibit. Kemudian seiring berjalannya waktu Ajaib digambarkan terus mengalami peningkatan sedangkan Bibit cenderung stabil. Arah kurva improving yang paling banyak pada Bibit adalah attractiveness, sedangkan Ajaib adalah general UX dan ease of use. Adanya pergerakan arah kurva tersebut, didukung oleh alasan yang berasal dari pengalaman positif dan negatif responden. Alasan yang paling banyak disampaikan oleh responden untuk kedua aplikasi investasi tersebut adalah alasan yang terdapat pada aspek utility dari kategori pragmatis.AbstractInvestment applications are one type of digital platform development triggered by technology. Bibit and Ajaib are the two platforms that dominate the mutual fund investing application industry in Indonesia. In a competitive digital platform, it is important to understand the application's performance, one of which is the user experience. This research compares changes in user experience on the Bibit and Ajaib apps. The UX Curve method applied in this research is a popular method for getting a long-term user experience. Respondents in this research included ten people in the Bibit group and ten people in the Ajaib group. Each respondent involved was given a UX Curve template with five perspectives: general UX, attractiveness, ease of use, utility, and degree of usage. This research has produced 50 curves and 186 reasons from the Bibit group, while the Ajaib group produced 50 curves and 191 reasons. The results of the comparative analysis of the two investment applications based on the direction of the trend curve and the respondents' reasons prove that Ajaib provides a better user experience than Bibit. Based on the general UX curve at the beginning of use, Ajaib has a fairly positive perception of Bibit. Then, over time, Ajaib is described as continuing to increase while Bibit tends to be stable. The direction of the improving curve in Bibit is attractiveness, while Ajaib is general UX and ease of use. There is a movement in the curve's direction, which is supported by reasons derived from respondents' positive and negative experiences. The reasons that most respondents conveyed for the two investment applications were the reasons contained in the utility aspect of the pragmatic category.
id IOS577.article-6749
institution Universitas Brawijaya
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
repository_id 577
subject_area Program Komputer dan Teknologi Informasi
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS577
first_indexed 2024-06-02T20:42:53Z
last_indexed 2024-06-02T20:42:53Z
recordtype dc
_version_ 1800783733185314816
score 17.538404