Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Evaluasi Heuristik dan Metode Pieces (Studi Kasus Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma)

Main Authors: Nugraha, Fajar, Rahayu, Dewi Agushinta, Bastian, Irwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya , 2022
Online Access: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403/pdf
ctrlnum article-4403
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id">Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Evaluasi Heuristik dan Metode Pieces (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma)</title><creator lang="id">Nugraha, Fajar</creator><creator lang="id">Rahayu, Dewi Agushinta</creator><creator lang="id">Bastian, Irwan</creator><description lang="id">Perkembangan teknologi yang sangat pesat, menjadikan banyak terciptanya inovasi baru. Telkomsel adalah salah satu provider terbesar yang ada di indonesia. Telkomsel meluncurkan sebuah aplikasi pada 1 Juli 2015 kepada masyarakat dengan nama MyTelkomsel. Tujuan aplikasi ini untuk memberikan informasi tentang sisa pulsa, kuota internet yang aktif, masa aktif kartu Subscriber Identity Module (SIM), dan masih banyak lagi. Penelitian ini ditujukan untuk mengukurtingkat kepuasan pengguna aplikasi MyTelkomsel menggunakan evaluasi heuristik dan metode PIECES. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form sebagai media untuk mengumpulkan respon pengguna melalui pernyataan yang sudah disediakan. Pengelolaan data analisis menggunakan Data Analysis Tools&#xA0; yang tersedia di https://www.ueq-online.org/. Hasil dari penelitian ini adalah 2 dari 6 skala UEQ berada pada sisi positif yaitu Daya Tarik dengan skor 0,022 dan Kejelasan dengan skor 0,045. 4 skala lainnya berada pada sisi negatif yaitu Efisiensi&#xA0; skornya -0,025, Ketepatan -0,051, Stimulasi -0,056, Kebaruan -0,053. Berdasarkan skor tersebut aplikasi MyTelkomsel membutuhkan peningkatan terutama dalam hal efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan.&#xA0;AbstractThe rapid development of technology, making many innovations. Telkomsel is one of the largest providers in Indonesia. Telkomsel launched MyTelkomsel app on July 1, 2015. This application provides information about the remaining credit balance, active internet quota, the active period of the Subscriber Identity Module (SIM) card, and many. This research is to measure the user satisfaction level of MyTelkomsel application using heuristic evaluation and the PIECES method. Data collection is collected from respondents using Google Form as a medium through the statements already provided. Analytics data are managed using the Data Analysis Tools available at https://www.ueq-online.org/. This research shows 2 of 6 UEQ scales are on the positive side namely Attractiveness with a score of 0.022 and Perspicuity with a score of 0.045. &#xA0;The other 4 scales are on the negative side namely Efficiency with score -0.025, Dependability -0.051, Stimulation -0.056, Novelty -0.053. Based on these scores MyTelkomsel application requires improvement especially in terms of efficiency, dependability, stimulation, and novelty.</description><publisher lang="en">Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya</publisher><date>2022-06-20</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403</identifier><identifier>10.25126/jtiik.2022924403</identifier><source lang="id">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 9 No 3: Juni 2022; 463-468</source><source lang="en">Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 9 No 3: Juni 2022; 463-468</source><source>2528-6579</source><source>2355-7699</source><source>10.25126/jtiik.202293</source><language>ind</language><relation>http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403/pdf</relation><rights lang="en">Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer</rights><recordID>article-4403</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Nugraha, Fajar
Rahayu, Dewi Agushinta
Bastian, Irwan
title Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Mytelkomsel Menggunakan Evaluasi Heuristik dan Metode Pieces (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma)
title_sub Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma)
publisher Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
publishDate 2022
isbn 9782022924403
url http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/4403/pdf
contents Perkembangan teknologi yang sangat pesat, menjadikan banyak terciptanya inovasi baru. Telkomsel adalah salah satu provider terbesar yang ada di indonesia. Telkomsel meluncurkan sebuah aplikasi pada 1 Juli 2015 kepada masyarakat dengan nama MyTelkomsel. Tujuan aplikasi ini untuk memberikan informasi tentang sisa pulsa, kuota internet yang aktif, masa aktif kartu Subscriber Identity Module (SIM), dan masih banyak lagi. Penelitian ini ditujukan untuk mengukurtingkat kepuasan pengguna aplikasi MyTelkomsel menggunakan evaluasi heuristik dan metode PIECES. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google Form sebagai media untuk mengumpulkan respon pengguna melalui pernyataan yang sudah disediakan. Pengelolaan data analisis menggunakan Data Analysis Tools yang tersedia di https://www.ueq-online.org/. Hasil dari penelitian ini adalah 2 dari 6 skala UEQ berada pada sisi positif yaitu Daya Tarik dengan skor 0,022 dan Kejelasan dengan skor 0,045. 4 skala lainnya berada pada sisi negatif yaitu Efisiensi skornya -0,025, Ketepatan -0,051, Stimulasi -0,056, Kebaruan -0,053. Berdasarkan skor tersebut aplikasi MyTelkomsel membutuhkan peningkatan terutama dalam hal efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. AbstractThe rapid development of technology, making many innovations. Telkomsel is one of the largest providers in Indonesia. Telkomsel launched MyTelkomsel app on July 1, 2015. This application provides information about the remaining credit balance, active internet quota, the active period of the Subscriber Identity Module (SIM) card, and many. This research is to measure the user satisfaction level of MyTelkomsel application using heuristic evaluation and the PIECES method. Data collection is collected from respondents using Google Form as a medium through the statements already provided. Analytics data are managed using the Data Analysis Tools available at https://www.ueq-online.org/. This research shows 2 of 6 UEQ scales are on the positive side namely Attractiveness with a score of 0.022 and Perspicuity with a score of 0.045. The other 4 scales are on the negative side namely Efficiency with score -0.025, Dependability -0.051, Stimulation -0.056, Novelty -0.053. Based on these scores MyTelkomsel application requires improvement especially in terms of efficiency, dependability, stimulation, and novelty.
id IOS577.article-4403
institution Universitas Brawijaya
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
repository_id 577
subject_area Program Komputer dan Teknologi Informasi
city MALANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS577
first_indexed 2024-06-02T20:42:47Z
last_indexed 2024-06-02T20:42:47Z
recordtype dc
_version_ 1800783732535197696
score 17.538404