Sistem Pendukung Keputusan Wilayah Promosi Menggunakan Metode AHP-SMART pada Universitas Muhammadiyah Pontianak

Main Author: Brianorman, Yulrio
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya , 2021
Online Access: http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/2997
http://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/2997/pdf
Daftar Isi:
  • Promosi merupakan upaya menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli. Melalui promosi, produsen mengharapkan kenaikannya angka penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Jasa yang ditawarkan oleh sebuah perguruan tinggi swasta adalah jasa pendidikan yang dapat diukur angka penjualannya dengan jumlah kursi penerimaan mahasiswa baru. Aktivitas promosi dengan jangkauan luas memerlukan biaya yang besar sehingga perlu penentuan skala prioritas wilayah. UM Pontianak belum memiliki metode khusus untuk penentuan wilayah yang ada di Kalimantan Barat. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan untuk menentukan prioritas wilayah. Sistem pendukung pengambilan keputusan ini dibuat menggunakan metode AHP-SMART. Metode AHP digunakan untuk menentukan konsistensi dari skala penilaian antara kriteria sementara metode SMART untuk menyelesaikan masalah pedukung keputusan yang memiliki multikriteria. Hasil dari perhitungan AHP menunjukkan consistensi ratio = 0,05. Dengan nilai CR di bawah 0,1 maka hasil perhitungan bobot menggunakan AHP dapat disetujui secara konsisten. Langkah selanjutnya adalah menentukan nilai prioritas dengan metode SMART. Hasil perhitungan SMART menunjukkan nilai 92,96 untuk kota Pontianak sebagai prioritas utama, disusul dengan dengan kabupaten Kuburaya, kabupaten Landak, kabupaten Sambas, kabupaten Bengkayang, kabupaten Sintang, kabupaten Ketapang, kabupaten Sanggau, kota Singkawang, kabupaten Mempawah, kabupaten Kapuas Hulu, kabupaten Sekadau, kabupaten Melawi dan kabupaten Kayong Utara. AbstractPromotion is an offering to potential customers to buy a product or service. Through promotions, producers expect an increase in sales of products or services offered. Services offered by a private tertiary institution are educational services that can be measured by sales figures with the number of new student admission seats. Delivering wide reach promotional activities require large costs so it is necessary to determine the regional priority scale. UM Pontianak does not have a specific method for determining areas in West Kalimantan yet, therefore a decision support system is needed. This decision making support system was created using the AHP-SMART method. The AHP method is used to calculate the consistency of the rating scale between the criteria while the SMART method is to solve the decision support problem that has multi criteria. The results of the AHP calculation show a consistency ratio = 0.05. With a CR value below 0.1, the weight calculation results using AHP can be consistently agreed. Furthermore, to determine the priority value, SMART method was used. The SMART results show the city of Pontianak as a top priority with the value 92.96, followed by Kuburaya district, Landak district, Sambas district, Bengkayang district, Sintang district, Ketapang district, Sanggau district, Singkawang city, Mempawah district, Kapuas Hulu district, district Sekadau, Melawi district and Kayong Utara district.