MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS)

Main Authors: Septina Severina Lumbantobing, St Fatimah Azzahra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia , 2020
Online Access: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/2402
http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/2402/1657
Daftar Isi:
  • The purpose of this study is to get a picture of the increase in creative thinking skill of students who get science learning with STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). This research was conducted at Junior High School YWPM Jakarta semester 2020/2021. This type of research is a quasi experiment with the research design used one group pretest posttest group design. The sample in this study amounted to 30 students classs VIII. The instrument used was a test of creative thinking skill for subject matter simple machine an essay test of 10 questions. The aspects of creative thinking skill studied consisted of aspects of fluency, flexibility, originality and elaboration. The results showed the students' creative thinking skill increased by 0.57 in the medium category. For the 4 aspects of reasoning ability studied, there was an increase in the fluency aspect by 46%, the flexibility aspect by 64%, the originality aspect by 87% and the elaboration aspect by 78%. Keywords: creative, thinking, learning, STEAM
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran IPA dengan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama YWPM Jakarta semester 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest posttest group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif materi pelajaran pesawat sederhana berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Aspek keterampilan berpikir kreatif yang diujur terdiri dari aspek kefasihan, fleksibilitas, rasional dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat 0,57 pada kategori sedang. Untuk 4 aspek kemampuan penalaran yang diteliti terjadi peningkatan aspek kefasihan sebesar 46%, aspek fleksibilitas sebesar 64%, aspek rasional sebesar 87% dan aspek elaborasi sebesar 78% Katakunci : kreatif, berpikir, pembelajaran, STEAM