E EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SURVEY SEDERHANA

Main Authors: Simatupang, Nova Irawati, Sitohang, Sri Rejeki Ignasia , Situmorang, Angelia Patricia , Simatupang, Ismenny Martalena
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia , 2020
Online Access: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1754
http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1754/1476
Daftar Isi:
  • Mewabahnya virus corona (covid-19) di Indonesia yang semakin meningkat hingga awal maret 2020, pada akhirnya membuat pemerintah memberlakukan sistem pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta dan beberapa wilayah lainnya. Pemberlakuan sistem ini juga secara otomatis mendorong pelaku pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran secara online. Guru dan siswa dipaksa untuk siap dalam pelaksanaannya, meskipun selama ini beberapa sekolah belum pernah melakukan pembelajaran dengan sistem online. Melalui penelitian ini, peneliti ingin menganalisis seberapa efektif pelaksanaan sistem pembelajaran dari sudut pandang guru. Sampel penelitian ini adalah 35 guru yang mengajar di tingkat sekolah dasar baik dari sekolah negeri maupun swasta di wilayah Jakarta Utara. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online menggunakan link ms.form. Berdasarkan data yang diperoleh, memperlihatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online telah terlaksana dengan efektif dilihat dari kesiapan guru, kemampuan menggunakan aplikasi, tanggapan dan manfaat yang diperoleh
  • The outbreak of the corona virus (covid-19) in Indonesia which continued to increase until early March 2020, eventually led the government to impose a large-scale system of social restrictions (PSBB) in the DKI Jakarta area and several other regions. The implementation of this system also automatically encourages education practitioners to carry out online learning. Teachers and students are forced to be ready in their implementation, although so far some schools have never done learning with an online system. Through this research, the researcher wants to analyze how effective the implementation of the learning system is from the teacher's perspective. The sample of this study was 35 teachers who teach at the primary school level from public and private schools in the North Jakarta area. The instrument used was a questionnaire distributed online using the ms.form link. Based on the data obtained, shows that the implementation of online learning has been carried out effectively seen from the readiness of the teacher, the ability to use applications, responses and benefits obtained