Writing Description with The Model of Group Investigation

Main Author: Ridwan, Ridwan
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: ind
Terbitan: Kantor Bahasa Maluku Utara , 2013
Online Access: http://gramatika.kemdikbud.go.id/index.php/gramatika/article/view/20
http://gramatika.kemdikbud.go.id/index.php/gramatika/article/view/20/8
Daftar Isi:
  • Writing is the way to transform an idea or message to the readers. The act of writing in this research isdescriptive writing. The descriptive writing aims to write an object so the reader can feel and see the object bythemselves. This research is known as class action research. The class action research is conducted by using group investigation learning model: the PTK action comprisies two cycles, every cycle consists of three times of meetings. Every cycle includes planning, action, reflection, and evaluation. The results of the research show that the group investigation learning model could improve descriptive writing skills of Indonesian letter studies. These things are shown in the learning process until evaluation.
  • Menulis adalah cara mentransformasikan suatu ide atau pesan kepada pembaca. Kegiatan menulis dalam penelitian ini adalah menulis deskriptif. Menulis deskriptif bertujuan untuk menulis objek sehingga pembaca dengan sendirinya dapat merasakan dan melihat objek tersebut. Penelitian ini dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran investigasi: tindakan PTK terdiri dari dua lingkaran. Setiap lingkaran terdiri atas tiga kali pertemuan. Setiap lingkaran mencakup perencanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan menulis deskriptif terhadap studi menulis surat bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dalam proses pembelajaran sampai pada evaluasi.