PENGARUH ADVERTISING TERHADAP PEMBENTUKKAN BRAND AWARENESS PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)KETENAGA KERJAAN CABANG MANADO

Main Author: Tulas, Nancy
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.polimdo.ac.id/171/1/Nancy%20Tulas.pdf
http://repository.polimdo.ac.id/171/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhadvertisingterhadap pembentukkanbrand awareness, dimana variabel independen yaituadvertising (X) dan brand awareness (Y) sebagai variabel dependennya.Populasi dalam penelitian ini adalah4.653perusahaan dengan sampel sebanyak 30 perusahaan dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disi oleh pihak perusahaan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Sederhana, uji hipotesis melalui uji t, serta analisis Koefisien Determinasi (R 2 ). Berdasarkan hasil penelitian, persamaan regresi : Y = 6,04 + 0,57X. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel advertisingterbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen brand awareness. Nilai koefisien determinasi r 2 = 0,54 menunjukkan bahwa variasi brand awareness BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado 54% dipengaruhi olehadvertising, sedangkan sisanya 46% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci :AdvertisingdanBrand awareness