ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN FOOD AND BEVERAGE SERVICE KHUSUSNYA BANQUET SECTION HOTEL GRAN PURI MANADO

Main Author: HENUR, ESTER NOVELITA
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.polimdo.ac.id/1075/1/BAB%201.doc
http://repository.polimdo.ac.id/1075/2/DAFTAR%20ISI.docx
http://repository.polimdo.ac.id/1075/
Daftar Isi:
  • Perkembangan pariwisata pada saat ini semakin berkembang pesat di buktikan dengan makin banyaknya hotel sebagai salah satu penginapan untuk para wisatawan yang datang mengunjungi suatu tempat baik dalam negeri maupun luar negeri. Pariwisata diartikan sebagai suatu perjalanan yang dilakukan seseorang dalam mencari kesenangan (Refreshing) maupun berbisnis ke daerah lain.Hotel merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan tempat penginapan dan fasilitas pendukung lainnya untuk wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan Food and Beverage Service khususnya Banquet section di Hotel Gran Puri Manado dan Untuk mengetahui kualitas pelayanan Food and Beverage Service khususnya Banquet section di hotel Gran Puri Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan format studi kasus. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menggunakan metode analisis faktor. Kesimpulan yang dapat di tarik dalam penelitian yang dilakukan adalah;faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan sesuai dengan teori yang digunakan yaitu faktor bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan kepastian dan empati. Setelah dilakukan uji faktor dan di analisis dengan menggunakan bantuan perangkat SPSS, terdapat faktor-faktor baru yang mempengaruhi kualitas pelayanan yaitu faktor yang memiliki tingkat pengaruh tertinggi adalah faktor sumber daya manusia/staff dan peralatan pada peringkat 1 atau menjadi faktor utama yang mempengaruhi kualitas pelayanan, ketepatan waktu pada peringkat 2 atau faktor kedua yang mempengaruhi kualitas pelayanan, dan pemahaman tentang keinginan tamu pada peringkat 3 atau faktor ketiga yang mempengaruhi kualitas pelayanan.