PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR ROOM SECTION DI NOVOTEL MANADO GOLF RESORT & CONVENTION CENTER
Main Author: | MANDEY, AZALYA TRIVENA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.polimdo.ac.id/1054/1/DAFTAR%20ISI.docx http://repository.polimdo.ac.id/1054/2/BAB%20I.docx http://repository.polimdo.ac.id/1054/ |
Daftar Isi:
- Proses make up room tentunya sudah diatur sedemikian rupa oleh housekeeping department Hotel Novotel Manado Golf Resort & Convention Center demi kelancaran operasional hotel dan menghindari dampak negatif yang dapat merugikan perusahaan. Untuk itulah dibuat sebuah aturan-aturan dan langkah kerja yang disebut dengan Standard Operating Procedure (SOP), guna memudahkan room attendant dalam melakukan proses make up room serta mendapatkan hasil yang diinginkan oleh tamu sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan standar operasional prosedur room section di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center yang ditinjau dari enam indikator yaitu: akses ke kamar, penanganan sampah, making bed, membersihkan kamar mandi, pembersihan debu, dan cara membersihkan alat pemanas air. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan standar operasional prosedur room section di Novotel Manado Golf Resort & Convention Center secara umum tidak baik, karena terdapat beberapa indikator yang sama sekali tidak diterapkan dengan benar oleh semua room attendant. Pada indikator akses ke kamar, penanganan sampah, making bed, membersihkan kamar mandi, pembersihan debu, dan cara membersihkan alat pemanas air tidak menerapkan SOP dengan benar. Kesimpulan dari hasil dan pembahasan adalah enam indikator permasalahan benar-benar tidak diterapkan dengan baik dan benar oleh room attendant sehingga menimbulkan permasalahan dengan tamu bahkan nama baik hotel tercemar.