PENINGKATAN SELF EFFICACY TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGKINANG
Main Author: | Fitri, Irma |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UPTT) Riau
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/211 http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/211/259 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the differences in mathematical self efficacy between students who learn to use mathematics module with students who obtain conventional learning. In this research the problem formula is "Is there any difference of self efficacy of student mathematics between students who learn to use math module with students who get conventional learning?". This study is a quasi experimental research, where teachers who play a direct role in the learning process and researchers as an observer. Subjects in this study were students of class VIII SMP Negeri 2 Bangkinang which amounted to 261 people and as a sample class VIII G which amounted to 32 people. While the object of this research is self efficacy against mathematics. The data collected in this study using documentation, observation sheet, test and questionnaire. To know the result of the research is done by using t test to know whether or not there is difference of self efficacy to mathematics. Based on the results of data analysis, it is concluded that there are differences in self efficacy score between students who learn to use mathematics module with students who obtain conventional learning.
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self efficacy matematika antara siswa yang belajar menggunakan modul matematika dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan self efficacy matematika siswa antara siswa yang belajar menggunakan modul matematika dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang yang berjumlah 261 orang dan sebagai sampel kelas VIII G yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah self efficacy terhadap matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan angket. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan uji t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self efficacy terhadap matematika. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor self efficacy antara siswa yang belajar menggunakan modul matematika dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.