PERENCANAAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH PADA UNDERPASS DENGAN MENGGUNAKAN SECANTPILE DI JALAN BRIGJEND. KATAMSO – A.H. NASUTION MEDAN ( STUDY KASUS PEMBANGUNAN UNDERPASS BRIGJEND. KATAMSO – AH. NASUTION MEDAN SUMATERA UTARA)
Main Author: | Sianipar, Abram Bonar Jusin |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Teknik Sipil USU
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/view/22123 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jts/article/view/22123/9606 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDewasa ini peningkatan kendaraan semakin tinggi, namun ketersediaan akan ruas jalan semakin terbatas, sehingga diperlukan pertimbangan untuk solusi akan masalah ini. Hal ini terutama terjadi di pusat aktifitas di kota-kota besar dimana pembangunan dan aktifitas terus berlangsung tanpa henti sehingga menimbulkan kemacetan, seperti kota Medan. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan underpass sebagai solusi meleraikan kemacetan terutama di simpang jalan Bridgjen. Katamso – A.H. Nasution.Pada penelitian ini akan membahas tentang dinding penahan tanah pada underpass dengan tipe secant bored piles. Dengan menganalisa dinding tersebut dengan menggunakan tie back anchor maupun tidak. Dimana akan membandingkan dari deformasi, safety factor, bending moment.Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil dari perhitungan dengan tie back anchor dan tidak menggunakan memiliki angka deformasi yang masih diperhitungkan aman tetapi untuk angka safety factor hanya yang menggunakan tie back anchor yang memenuhi angka keamanan (SF > 1,5) dan menghasilkan bending momen yang lebih kecil dibandingkan yang tidak menggunakan tie back anchor.Kata Kunci: dinding penahan, deformasi tiang, safety factor, tie back anchor, underpass, bending momen.