Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Guru
Main Author: | Rifa’i, Asep Ahmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Indonesian Journal of Education Management & Administration Review
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4379 https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4379/3448 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi yang baik diharapkan akan meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru akan menjadi optimal, bila diintegrasikan dengan komponen sekolah, baik kepala sekolah, iklim organisasi sekolah, guru, dan karyawan maupun anak didik. Pemimpin transformasional pada dasarnya memiliki totalitas perhatian dan selalu berusaha membantu dan mendukung keberhasilan para pengikutnya. Tentu saja semua perhatian dan totalitas yang diberikan pemimpin transformasional tidak akan berarti tanpa adanya komitmen bersama dari masing-masing pribadi pengikut. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui: 1) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. 2) Pengaruh budaya kerja terhadap kinerja guru. 3) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis adalah guru dengan jumlah responden 56 orang. Pengolahan data statistik menggunakan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. Ini berarti semakin efektif kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka semakin meningkat kinerja guru; 2) Budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Ini berarti semakin kondusif budaya kerja, maka semakin meningkat kinerja guru; 3) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Ini berarti semakin efektif gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan semakin kondusif budaya kerja sekolah, maka semakin meningkat kinerja guru.