Peran Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kinerja Madrasah

Main Author: Rohaenah, Neni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Indonesian Journal of Education Management & Administration Review , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4368
https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4368/3446
Daftar Isi:
  • Penelitian ini disusun karena Tujuan ingin mengetahui Peran Kepala Madrasah dalam Pencapaian Kinerja Madrasah di MTs Negeri 1 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitina deskriptif dengan teknik pengumpuklan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka simpulannya diperoleh sebagai berikut. Secara umum peran kepala Madrasah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, motivator telah di laksanakan oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 1 Ciamis. sehingga kinerja Madrasah semakin meningkat baik dari aspek prestasi peserta didik, kinerja guru dan pegawai serta kinerja organisasi Madrasah. Hambatan yang di hadapi bahwa keterbatasan pengalaman dan pengetahuan, kompetensi guru yang berbeda sehingga saat di berikan arahan ada yang cepat mengerti ada pula yang tidak, pelajari dalam pelaksanaan administrasi di Madrasah, masalah waktu, dimana, terkadang pelaksanaan supervisi berbentrokan waktunya, masih banyak inovasi inovasi yang belum dapat di terima oleh stakeholders Madrasah, dan keterbatasan dana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah mengikuti pendidikan dan pelatihan secara kontinyu untuk lebih meningkatkan kompetensi saya sebagai kepala, memberikan penjelasan secara detil mengenai aspek-aspek manajerial, diklat, menyingkronkan waktu pelaksanaan supervisi, meningkatkan komptensi, memberikan pembinaan agar semua inivasi dapat di terima oleh stakeholders Madrasah , dengan mencari sumber dana melalui pengembangan kewirausahaan Madrasah.