PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA BERKEMAMPUAN SEDANG SMA AL-AZHAR KELAS X PALU DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Main Authors: | Kalsum, Ummi, Hasbi, Muh., Ismaimuza, Dasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8643 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8643/6863 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa SMA Al-Azhar kelas X Palu yang berkemampuan matematika sedang berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah SPLDV siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika sedang pada tahap memahami masalah yaitu mengidentifikasi hal yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan hal yang ditanyakan berdasarkan kalimat pertanyaan pada masalah dan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dengan menggunakan gambar; tahap membuat rencana pemecahan masalah siswa berjenis kelamin laki-laki berkemampuan sedang menggunakan taksiran nilai dan siswa berjenis kelamin perempuan berkemampuan matematika sedang menggunakan metode gabungan (subtitusi-eliminasi); tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah siswa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan berkemampuan matematika sedang melaksanakan rencana menggunakan metode subtitusi-eliminasi; pada tahap memeriksa kembali jawaban siswa berjenis kelamin laki-laki berkemampuan matematika sedang menggunakan cara lain dan siswa berjenis kelamin perempuan berkemampuan matematika sedang menggunakan metode subtitusi.Kata kunci: profil pemecahan masalah; masalah SPLDV; langkah-langkah pemecahan masalah Polya; perbedaan jenis kelamin.