PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP-IT QURROTA A’YUN PALU
Main Authors: | Fadillah, Fadillah, Hasbi, Muh., Karniman, Tegoeh S |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8637 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8637/6857 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaranVan Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan garis dan sudut di kelas VII SMP-IT Qurrota A’yun Palu. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII SMP-IT Qurrota A’yun Palu yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase: 1) informasi, 2) orientasi terarah, 3) uraian, 4) orientasi bebas, dan 5) integrasi.Kata kunci: model pembelajaran Van Hiele, hasil belajar, hubungan garis dan sudut