PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BANAWA

Main Authors: Hairiyah, Hairiyah, Murdiana, I Nyoman, Linawati, Linawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika , 2017
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8631
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8631/6851
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIA SMA Negeri 1 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIA SMA Negeri 1 Banawa, dengan delapan komponen yaitu: 1) tes penempatan, 2) kelompok, 3) mengajar kelompok, 4) materi-materi kurikulum, 5) belajar kelompok, 6) unit seluruh kelas, 7) tes fakta, dan 8) skor kelompok dan rekognisi kelompok.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar, persamaan kuadrat.