PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE MOOD UNDERSTAND RECALL DIGEST EXPAND REVIEW (MURDER) PADA MATERI HUBUNGAN GARIS DAN SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 14 PALU
Main Authors: | Ariana, I Made, Hasbi, Muh, Sukayasa, Sukayasa |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8627 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8627/6847 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode mood understand recall digest expand review (MURDER) pada materi hubungan garis dan sudut untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode MURDER dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase sebagai berikut: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi serta melakukan relaksasi kepada siswa sehingga mood membaik, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisir siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar sehingga muncul understand, 4) membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar sehingga muncul recall, digest dan expand, 5) evaluasi sehingga muncul review dan 6) memberikan penghargaan. Kata kunci: MURDER, hasil belajar, hubungan garis dan sudut.