PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENERAPAN HIMPUNAN DI KELAS VII MTs. ALKHAIRAAT PUSAT PALU
Main Authors: | Puspita, Dewi, Sukayasa, Sukayasa, Rochaminah, Sutji |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8623 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AKSIOMA/article/view/8623/6843 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi penerapan himpunan di kelas VII MTs. Alkhairaat Pusat Palu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Alkhairaat Pusat Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini sebanyak 23 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi penerapan himpunan dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan memotivasi siswa, 2) penyajian/penyampaian materi, 3) pengorganisasian siswa dalam kelompok-kelompok belajar, 4) pembimbingan kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi dan 6) pemberian penghargaan.Kata kunci: kooperatif,STAD, hasil belajar, soal cerita, himpunan.